Tuhan sertamu !

Dalam Nama Bapa, Anak dan Roh Kudus.

Entah mengapa akhir-akhir ini gua ngeliat banyak banget anak muda Kristen yang alergi sama kata Gereja, padahal mereka sendiripun ber-Gereja dan jelas-jelas membutuhkan Gereja bukan cuman sekedar tempat untuk perkawinan.
Nanti gua jelasin definisi kata Gereja dan penggunaannya, tapi sebelumnya gua mau berbagi isi pikiran dari kesimpulan yang gua tarik, gua menemukan tiga golongan anak muda Kristen alergi kata Gereja berdasarkan alasannya :
1. Karena tidak menemukan kata “Gereja” didalam Alkitab terjemahan LAI(Lembaga Alkitab Indonesia).
2. Karena “muak” dengan segelintir “dedengkot” Gereja-gereja yang terlihat di Indonesia ini.
3. Karena merasa bisa langsung berhadapan dengan Kristus dan menganggap Gereja bukan bagian dari Kristus.

Oke langsung aja kita cungkil penyakit-penyakit diatas dari dalam kepala beberapa orang Kristen khususnya anak muda.

GEREJA DIDALAM INJIL

“loh min emangnya ada ?” ya ada dong sayang, yuk kita baca:

ΜΑΤΘΑΙΟΝ 16:18
καγω δε σοι λεγω οτι συ ει πετρος και επι ταυτη τη πετρα οικοδομησω μου την εκκλησιαν και πυλαι αδου ου κατισχυσουσιν αυτης

Mathaion 16:18
Kagoo dee soi leegoo oti su eei Peetros kai eephi tauti ti Petra oikodomesoo mou tin EKKLESIAN kai pylai adou ou katiskhysousin autis

Matius 16:18
Dan aku juga berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas petra(batu karang: iman Rasul Petrus) ini Aku akan mendirikan Gereja-Ku, dan gerbang neraka TIDAK AKAN MENGUASAINYA

Sebelum kita bahas makna dalem dan sangat dalemnya, gua jelasin dulu asal kata Gereja didalam bahasa Indonesia.
Gereja itu diambil dari bahasa Portugis yaitu Igreja, Igreja ini diambil dari bahasa Spanyol yaitu Iglesia, Iglesia ini diambil dari bahasa Latin yaitu Ecclesia, Ecclesia ini diambil dari bahasa Yunani yaitu Ekklesia seperti yang ada didalam Matius 16:18. Didalam bahasa Inggris pun dalam terjemahan KJV, kata Ekklesia itu diterjemahkan Church yang artinya Gereja.

ARTI KATA EKKLESIA

Secara bahasa, kata Ekklesia diambil dari dua kata yaitu: ek yang artinya keluar dan kaleo yang artinya dipanggil. Secara essensi maknanya, Ekklesia ini bermuatan makna organisasi, perkumpulan, lembaga, dll. Secara makna Kristiani, arti kata Ekklesia adalah kumpulan orang yang dipanggil keluar untuk menyatu menjadi Tubuh Kristus(didalam Sakramen).

sebelum ngupas makna Kristianinya, mending kita bahas dulu sedikit tentang “Gereja” yang dibangun Allah untuk Israel didalam Perjanjian Lama, loh emang ada min ? ya ada dong

GEREJA DALAM PERJANJIAN LAMA

Deuteronomy 4:10(Septuaginta)
ημεραν ην εστητε εναντιον κυριου του θεου υμων εν χωρηβ τη ημερα της εκκλησιας οτε ειπεν κυριος προς με εκκλησιασον προς με τον λαον και ακουσατωσαν τα ρηματα μου οπως μαθωσιν φοβεισθαι με πασας τας ημερας ας αυτοι ζωσιν επι της γης και τους υιους αυτων διδαξωσιν

Deutronomy 4:10
Imeeran in eestetee eenantion KYRIOU tou Theou hymon een Khooreb ti imeera tis EKKLESIAS otee eeipeen KYRIOS pros mee ekklesiason pros mee ton laon kai akousatoosan ta rimata mou opoos mathoosin phobeeisthai mee pasas tas imeeras as autoi zoosin eepi tis gis kai tous uious autoon didaxoosin.

Ulangan 4:10
Terkhusus pada hari engkau berdirii dihadapan TUHAN Allah mu di Horeb, saat TUHAN berkata kepada ku, kumpulkanlah Gereja-Ku kepada Ku, dan Aku akan membuat mereka mendengarkan semua firman-Ku, bahwa mereka akan belajar untuk takut akan Aku. Setiap hari mereka akan hidup diatas bumi, dan mereka akan mengajar anak mereka.

Jadi Gereja(Ibrani: Qahal, Yunani: Ekklesia) di Ulangan 4:10 adalah suatu perkumpulan “komunitas” Israel untuk belajar firman Allah. Qahal ini juga karena lembaga jadi ada hirarkinya: ada 12 pemimpin yang mewakili masing-masing 12 suku Israel(Bilangan 1:44), dan ada 70 tua-tua Israel(Bilangan 11:16).

KRISTUS MEMBANGUN LEMBAGA YANG JELAS HIRARKINYA

“Gua gk perlu Gereja, gk perlu lembaga, Yesus gk pernah buat lembaga”

Langsung ke buktinya aja kalau Kristus itu membangun lembaga seperti TUHAN membangun lembaga Ekklesia(Qahal) kepada Bangsa Israel melalui Musa. Ini buktinya:

1. Kristus membuat hirarki 12 Murid utama yang diberi kuasa mengusir setan, menyembuhkan dan diberikan otoritas untuk membaptis, 12 Murid juga penggenapan dari 12 pemimpin dari 12 Suku Israel:
Matius 10:1
Yesus memanggil kedua belas murid-Nya dan memberi kuasa kepada mereka untuk mengusir roh-roh jahat dan untuk melenyapkan segala penyakit dan segala kelemahan.

Matius 28:16, 19
(16) Dan kesebelas murid(minus Yudas Iskariot) itu berangkat ke Galilea, ke bukit yang telah ditunjukkan Yesus kepada mereka.
(19) Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus,

2. Dari 12 Rasul ini ada pimpinannya lagi:
Matius 10:2
Inilah nama kedua belas rasul itu: PERTAMA SIMON YANG DISEBUT PETRUS, dan Andreas saudaranya, dan Yakobus anak Zebedeus, dan Yohanes saudaranya,

3. Dalam kumpulan pengikut Kristus ada bendaharanya:
Yohanes 13:29
Karena Yudas memegang kas ada yang menyangka, bahwa Yesus menyuruh dia membeli apa-apa yang perlu untuk perayaan itu, atau memberi apa-apa kepada orang miskin.

4. Yesus membuat hirarki 70 Murid sebagai perpanjangan mulutnya, hal ini juga adalah penggenapan dari “Ekklesia”-nya Israel yang punya 70 tua-tua:
Lukas 10:1, 16
(1) Kemudian dari pada itu Tuhan menunjuk tujuh puluh murid yang lain, lalu mengutus mereka berdua-dua mendahului-Nya ke setiap kota dan tempat yang hendak dikunjungi-Nya.
(16) Barangsiapa mendengarkan kamu, ia mendengarkan Aku; dan barangsiapa menolak kamu, ia menolak Aku; dan barangsiapa menolak Aku, ia menolak Dia yang mengutus Aku.”

5. Bahkan Gereja ini sebagai lembaga yang didirikan Kristus punya hak untuk meng-“kafir”-kan seseorang:

Matthew 18:17-18 (KJV)
(17) And if he shall neglect to hear them, tell it unto the Church: but if he neglect to hear the church, let him be unto thee as an heathen man and a publican.
(18) Verily I say unto you, Whatsoever ye shall bind on earth shall be bound in heaven: and whatsoever ye shall loose on earth shall be loosed in heaven.

Matius 18:17-18
(17) Jika ia mengabaikan untuk mendengar mereka, BERITAHU ITU KEPADA GEREJA: tetapi jika dia mengabaikan untuk mendengarkan Gereja, biarkan dia menjadi seperti kafir(heathen) dan pemungut cukai(maksudnya disini dijauhkan).
(18) Sesungguhnya Aku berkata kepadamu: apa yang engkau ikut didunia ini akan terikat di Sorga dan apa yang engkau lepaskan didunia ini akan terlepas di Sorga.

Coba pikir, apakah ini bukan lembaga/organisasi ? ada bendahara, ada hirarki yang teratur, ada ketua, ada proses hukum, dll. Apa ini bukan lembaga ?

GEREJA SEBAGAI TUBUH KRISTUS SENDIRI

“loh kok bisa Gereja sebagai lembaga disebut Tubuh Kristus ? kan orangnya ada banyak”
ya bisa dong, melalui Perjamuan Kudus kan kita disatukan dengan Kristus

1 Korintus 10:17
Karena roti adalah satu, maka kita, sekalipun banyak, adalah satu tubuh, karena kita semua mendapat bagian dalam roti yang satu itu.

dijelaskan lagi secara eksplit bahwa (lembaga)Gereja ini adalah Tubuh Kristus:

Ephesians 5:23 (KJV)
For the husband is the head of the wife, even as Christ is the head of the Church: and he is the saviour of the body.
Efesus 5:23
Karena suami adalah kepala dari istri, sebagaimana juga Kristus adalah kepala Gereja: dan Dia adalah Penyelamat Tubuh.

Ephesians 5:29 (KJV)
For no man ever yet hated his own flesh; but nourisheth and cherisheth it, even as the Lord the Church:
Efesus 5:29
Karena tidak pernah seseorang membenci badannya sendiri; tetapi mengasuhnya dan merawatnya, sebagaimana juga Tuhan kepada Gereja

Nah coba kita pikir, mungkin gak badan dari kepala yang sama saling bertentangan ? ya jelas gk mungkin dong, bahkan diingatkan kalau Gereja itu semua jemaatnya seia sekata:

1 Korintus 1:10
Tetapi aku menasihatkan kamu, saudara-saudara, demi nama Tuhan kita Yesus Kristus, supaya kamu seia sekata dan jangan ada perpecahan di antara kamu, tetapi sebaliknya supaya kamu erat bersatu dan sehati sepikir.

“Min tapi kan Gereja sekarang pecah-pecah”
ya sabar aja dan doakan persatuan Gereja, ini memang menjadi perbincangan dan usaha yang serius dari para atasan kita, tapi gk usah nyinyir jelek-jelekin artian “Gereja” karena Gereja(Qahal) itu dari jaman Nabi Musa dibangun oleh Allah sendiri, saat Sang Firman Allah menjadi manusia juga ya Dia yang sama ini juga yang membangun Gereja Perjanjian Baru.

Penulis: Ephitimia

4 comments

    1. kena report atas tuduhan “ungkapan kebencian”, tapi kami gatau post-an mana yang kena. Tolong kasih kabar kesemua likers kami untuk mendoakan dan bersabar, Baba Haruhi lagi dalam proses melakukan banding untuk mengembalikan Pej kami. Tolong ini diskrinsut dan disebarkan, trima kasih, Tuhan beserta kita.
      -Ephitimia

      Like

Leave a Reply to Salomo Cancel reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.