Tuhan sertamu !

Dalam segala macam bentuk ibadah orang Kristen itu selalu menggambarkan(menyatakan) theologi, contoh: dalam baptisan kehidupan lama kita dikuburkan bersama kematian Kristus, lalu kehidupan baru kita dibangkitkan bersama kebangkitan Kristus.

Dalam pernikahan juga demikian, untuk mengetahui pemahaman theologi yang diungkapkan dalam pernikahan kudus maka kita harus memahami ikatan cinta kasih di dalam Allah dan ikatan cinta kasih Kristus dengan Gereja.

ALLAH ADALAH KASIH DAN KASIH ALLAH ITU KEKAL

1 Yohanes 4:8
Barangsiapa tidak mengasihi, ia tidak mengenal Allah, sebab ALLAH ADALAH KASIH.

Kita sungguh mengetahui bahwa Allah itu kekal dan segala sesuatu di dalam Diri Allah adalah kekal sejak asal mulanya, maka kasih Allah ini juga kekal, kalau kasih Allah ini kekal maka KEPADA SIAPA ALLAH MENGASIHI SEBELUM SEGALA SESUATU(LANGIT, BUMI, RUANG, WAKTU, DLL) DICIPTAKAN ?

Yohanes 17:24
Ya Bapa, Aku mau supaya, di mana pun Aku berada, mereka juga berada bersama-sama dengan Aku, mereka yang telah Engkau berikan kepada-Ku, agar mereka memandang kemuliaan-Ku yang telah Engkau berikan kepada-Ku, sebab Engkau telah MENGASIHI AKU SEBELUM DUNIA DIJADIKAN.

Ya, kepada Kristus Sang Firman Allah lah Allah Sang Bapa melimpahkan kasihNya di dalam kekekalanNya.
Lalu……

Roma 5:5
Dan pengharapan tidak mengecewakan, karena KASIH Allah telah DICURAHKAN di dalam hati kita oleh Roh Kudus yang telah dikaruniakan kepada kita.

Roh Kudus disebut juga Roh yang kekal(bdk. Ibrani 9:14), maka aktivitas mencurahkan kasih dari Sang Roh Kudus ini juga kekal sebelum segala sesuatu dijadikan. Kepada Siapa Roh Kudus mencurahkan kasih sebelum segala sesuatu dijadikan ? ya kepada Sang Bapa dan Sang Firman !

Maka di dalam kekekalan itu ada lingkaran cinta kasih yang amat dahsyat dari Sang Bapa kepada Sang Firman melalui Sang Roh Kudus, dan dari Sang Firman kepada Sang Bapa(bdk. Yohanes 14:31) melalui Sang Roh Kudus. Oleh sebab Allah adalah kasih, dan kasih itu sifatnya menjangkau keluar diri, maka dari lingkatan cinta kasih yang amat dahsyat inilah Allah menciptakan segala sesuatunya untuk melimpahkan kasih yang awalnya hanya berada di dalam DiriNya yang satu itu. Jadi Allah menciptakan bukan sekedar jenuh, sebab jenuh hanya ada di dalam dimensi ruang dan waktu, Allah di dalam kekekalanNya tidak bersemayam di dalam ruang dan waktu, Dia mencipta oleh sebab DIA ADALAH KASIH.

THEOLOGI DI DALAM PERNIKAHAN

1 Korintus 11:3
Tetapi aku mau, supaya kamu mengetahui hal ini, yaitu Kepala dari tiap-tiap laki-laki ialah Kristus, kepala dari perempuan ialah laki-laki dan Kepala dari Kristus ialah Allah.

Kepala dari Kristus ialah Allah, kepala dari perempuan adalah laki-laki. Kata-kata ini memang cukup patriarkis walaupun ini sebenarnya metafora sesunguhnya dari kesetaraan kalau kita pahami lebih dalam, lagipula Rasul Paulus pada bagian ini juga menjelaskan bahwa laki-laki dilahirkan dari perempuan(bdk. 1 Korintus 11:12).

“Hirarkis banget !” gimana ya, rada sulit kalau faham hirarkis itu dimengerti sebagai sesuatu ketimpangan, karena dalam Kekristenan hirarki itu bagaikan satuan partitur lagu yang mana dalam suatu lagu ada nada tinggi dan rendah tetapi semuanya adalah kesatuan yang indah. Seperti di Hindu Bali memahami sistem kasta sebagai satu kesatuan masyarakat yang memiliki tugasnya masing-masing demi menyokong kehidupan bersama.

Oke balik lagi ke masalah pernikahan. Pada ayat ini dapat dianalogikan laki-laki sebagai Sang Bapa, perempuan sebagai Sang Firman dan ikatan cinta kasih yang menyatukan kedua insan sebagai Sang Roh Kudus. Nah, kalau kita mempelajari setiap Hypostasis/Persona(Bapa, Firman, Roh Kudus) adalah SATU(bdk. 1 Yohanes 5:7) di dalam Ousia/Substansi tetapi unik di dalam tugas-tugasNya, maka seperti inilah juga pernikahan bahwa suami dan istri itu SETARA DI DALAM HAKIKAT PERNIKAHAN namun berbeda secara tugas.

Sama seperti Allah yang mencurahkan kasihNya keluar dengan menciptakan segala sesuatu, seperti ini jugalah pasutri karena luapan cinta kasih mereka maka lahirlah keturunan untuk mereka meluapkan kasih mereka itu di luar ‘substansi pernikahan’ mereka.

KRISTUS BELAHAN JIWA GEREJA,

KAMU BELAHAN JIWA KU

Efesus 5:23
karena suami adalah kepala isteri sama seperti Kristus adalah kepala jemaat. Dialah yang menyelamatkan tubuh.

Ephesians 5:23
For the husband is the head of the wife, even as Christ is the head of the church: and he is the saviour of the body.

“Wah ini patriarkis banget !”

Kalau patriarkis banget gk mungkin Santa Maria Magdalena jadi pengInjil hebat. Ya harus diakui Kristen memang cukup patriarkis, tapi Kekristenan CUKUP FEMINIS PADA MASA ITU.
Untuk memahami ini kita hilangkan dulu semua sentimen masing-masing dan mencoba menggali makna di dalam perumpamaan ini.

Efesus 5:29
Sebab tidak pernah orang membenci tubuhnya sendiri, tetapi mengasuhnya dan merawatinya, sama seperti Kristus terhadap jemaat,

Ephesians 5:29
For no man ever yet hated his own flesh; but nourisheth and cherisheth it, even as the Lord the church:

NAH ! maka disini walau disimbolkan sebagai kepala dan tubuh, maksud dari semua ini adalah saling mengasihi. Dalam tubuhpun ada jantung yang memompa darah ke seluruh bagian tubuh termasuk kepala, maksudnya ya Gereja juga mengasihi Kristus sebab Kristus juga mengasihi Gereja.

Yohanes 14:21
Barangsiapa memegang perintah-Ku dan melakukannya, dialah yang mengasihi Aku. Dan barangsiapa mengasihi Aku, ia akan dikasihi oleh Bapa-Ku dan Aku pun akan mengasihi dia dan akan menyatakan diri-Ku kepadanya.”

.....................

Jadi, dalam Kekristenan pernikahan adalah ibadah bukan hanya sekedar untuk menghalalkan penis dimasukan kedalam vagina, tapi untuk merasakan sensasi sensasi theologi, lebih daripada itu untuk MENGHIDUPI THEOLOGI.

Penulis: Ephitimia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.