Εις το ονομα του Πατρος και του Υἱου και του Αγιου Πνευματος. Αμιν

Tuhan sertamu !

Mungkin banyak sekali orang non-Kristen yang menyebut orang Kristen dengan sebutan Nasrani tanpa mengetahui arti sebenarnya dari kata ini, ya wajar saja sebab dalam KBBI kata “Nasrani” didefinisikan sebagai “Kristen” tanpa embel-emel apapun yang artinya Kristen secara luas tanpa khusus sama sekali. Tapi apakah sebenarnya arti dari Nasrani ini ? apakah orang Kristen menggunakan artian ini ? apakah sopan memanggil orang Kristen secara umum dengan sebutan Nasrani ? mari kita pelajari.

ARTIAN NASRANI DALAM ALKITAB

Berbeda dari kata Kristen yang sering digunakan dalam Alkitab, kata Nasrani hanya sekali digunakan dalam Alkitab yaitu di dalam:
Kisah Para Rasul 24:5
Telah nyata kepada kami, bahwa orang ini adalah penyakit sampar, seorang yang menimbulkan kekacauan di antara semua orang Yahudi di seluruh dunia yang beradab, dan bahwa ia adalah seorang tokoh dari sekte orang Nasrani.
.
Pada waktu itu memang ada yang menyebut kelompok Para Rasul sebagai Nasrani, atau נוצרים(Notzrim) dalam bahasa Ibrani yang berasal dari kata Nazaret yaitu kampung halaman Kristus, atau bisa juga bermakna pengikut tunas(Netzer) yang maksudnya Kristus sebagai tunas Raja Daud. Hal ini hampir sama seperti penulis Arab Muslim yang menulis tentara Salib dengan artian Alfranj(الفرنج) atau Alfirinjiyah(الفرنجيّة) yang diambil dari kata Frank(bangsa Jerman) seperti dalam teks Al-Kamil fi Al-Tarikh karya Ali Ibn Al-Athir, padahal tidak semua tentara Salib itu Frank dan kata bahasa Arab tertepat untuk menyebut Tentara Salib adalah Salibi(صليبي) yang mana sekarang digunakan oleh para sejarawan Arab modern.
Disamping sebutan Nasrani ini, pada jaman Para Rasul juga bermula dari Antiokhia para fanboy Kristus yang dikepalai Para Rasul Kristus disebut sebagai Kristen:
Kisah Para Rasul 11:26
Mereka tinggal bersama-sama dengan jemaat itu satu tahun lamanya, sambil mengajar banyak orang. Di Antiokhialah murid-murid itu untuk pertama kalinya disebut Kristen.
.
Jadi ada sebutan Nasrani dan Kristen, namun Para Rasul lebih sering menyebut diri sebagai Kristen dan bukan Nasrani, sebab Nasrani hanya muncul sekali saja dalam Alkitab,
Roma 16:7
Salam kepada Andronikus dan Yunias, saudara-saudaraku sebangsa, yang pernah dipenjarakan bersama-sama dengan aku, yaitu orang-orang yang terpandang di antara para rasul dan yang telah menjadi Kristen sebelum aku.
1 Petrus 4:16
Tetapi, jika ia menderita sebagai orang Kristen, maka janganlah ia malu, melainkan hendaklah ia memuliakan Allah dalam nama Kristus itu.
.
Jadi Nasrani itu HANYA SEBUTAN, Kristen juga walau awalnya hanya sebutan tetapi menjadi nama ofisial dari Agama yang dikepalai Kristus melalui Rasul-RasulNya.

ARTIAN NASRANI SEBAGAI AJARAN SESAT

Kata Nasrani akhirnya berkembang secara khusus untuk menuju kepada orang-orang Kristen berdarah Yahudi atau orang non-Yahudi yang disunat dan mengikuti segala tata cara tradisi kebudayaan Yahudi, mereka ini disebut oleh orang Yahudi sebagai Minim(bidat/ajaran sesat) dan oleh Gereja pada masa itu juga disebut sebagai bidat sebab orang yang ingin menjadi Kristen dalam golongan mereka harus berkebudayaan Yahudi padahal sesuai kesepakatan Para Rasul dan Ulama-Ulama Kristen zaman Para Rasul yang tercatat dalam Kisah Para Rasul 15 tidak mewajibkan orang non-Yahudi yang ingin menjadi Kristen untuk melakukan adat istiadat Yahudi. Tentang bidat Nasrani ini dicatat pula oleh para Bapa-Bapa Gereja diantaranya sebagai berikut:
– …Pada zaman kita ada sebuah sekte di kalangan orang Yahudi di seluruh sinagoga-sinagoga di Timur, yang disebut Minim, dan sekarang dicap bidah pula oleh orang Farisi. Pengikut sekte ini dikenal luas sebagai kaum Nasrani, mereka percaya kepada Kristus, anak Allah, lahir dari perawan Maria, dan mereka berkata bahwa Ia yang menderita di bawah Pontius Pilatus, dan bangkit lagi, adalah orang yang sama seperti yang kita percayai. Tetapi sementara mereka ingin menjadi Yahudi dan Kristen sekaligus, mereka akhirnya tidak tergolong ke dalam salah satu pun…
…Pengikut sekte ini dikenal luas sebagai kaum Nasrani, mereka percaya kepada Kristus, anak Allah, lahir dari perawan Maria, dan mereka berkata bahwa Ia yang menderita di bawah Pontius Pilatus, dan bangkit lagi, adalah orang yang sama seperti yang kita percayai.
(Surat St Yerome kepada St Agustinus)
– “Mereka tidak mempunyai pendapat yang berbeda, namun melakukan semua hal tepat seperti apa yang diperintahkan dalam Taurat, MENURUT TATA CARA YAHUDI – kecuali kepercayaan mereka terhadap Mesias…” (St Epiphanius Salamis. Panarion 29)
.
Menurut catatan Yahudi pun di dalam Barachot 29b versi catatan tua yang ditemukan di Genizah Kairo, Nasrani juga secara jelas disebut sebagai minim(bidat):
“Biarlah tidak ada pengharapan bagi para pemberontak, dan semoga kerajaan yang congkak segera dirubuhkan pada hari ini, dan orang Nasrani dan orang Minim menghilang dan dilenyapkan dari buku kehidupan. Terpujilah Engkau Tuhan yang merendahkan orang-orang congkak.”
.
Jadi disini dapat kita simpulkan pada perkembangannya kata Nasrani ini menjadi sebutan bagi kelompok yang mana bukan Kristen tetapi juga bukan Yahudi. “Kok kejam banget sih orang Kristen membidatkan Nasrani ?” Masalah bidat dan membidatkan ini bukan masalah kejam atau tidak kejam, masalahnya mereka sendiri juga tidak mau bergaul dengan orang-orang Kristen yang tidak bersunat, padahal di dalam Konsili Yerusalem yang diadakan oleh Para Rasul Kristus dan Ulama-Ulama Kristen pada abad pertama telah disepakati bahwa orang Kristen non-Yahudi tidak dituntut melakukan ADAT ISTIADAT Yahudi, dengan ini berarti orang Nasrani sendiri yang telah meludahi kesepakatan pertama di abad 1. Ingat ! Ini bukan berarti komunitas Kristen anti adat istiadat, tapi ini masalah orang diluar golongan mereka yang tidak berdarah Yahudi juga dituntut untuk sunat kalau ingin masuk ke dalam komunitas mereka. Di dalam tradisi Ethiopia karena mereka keturunan Raja Solomo, umat Kristen Ethiopia sampai sekarang masih melakukan tradisi sunat ke anak cucu mereka sebagai ADAT ISTIADAT MEREKA, tetapi mereka tidak menuntut orang Kristen non-Ethiopia untuk sunat.

NASRANI SEBAGAI SEBUTAN KELOMPOK ETNIS KEAGAMAAN

Kata Nasrani dipakai juga untuk umat Kristen hasil pengInjilan Rasul Thomas murid Kristus, khususnya yang berada di India yaitu umat Kristen Orthodox Malankara. Kata Nasrani ini juga digunakan oleh umat Kristen Asyria yang berfaham Nestorian, Nestorius yang adalah bapa Gereja dari kaum Nestorian ini sudah diputuskan sebagai penyebar ajaran sesat dalam Konsili Ekumenis di Efesus tahun 431, ajaran sesat ini berpusat di Asyria(Persia) Timur dan banyak berada di Jazirah Arab dari masa sebelum Hijriyah. Secara kelompok etnis keagamaan umat Kristen Orthodox Malankara dan umat Kristen Assyria Timur memang menyebut diri sebagai Nasrani, namun secara khusus keagamaan mereka menyebut diri Kristen. Kata Nasrani juga diabadikan di dalam judul film yang diproduksi di Kerala yaitu daerah di India yang mayoritas Kristen Nasrani.

KRISTEN ARAB: KAMI MASIHIYYUN !

Kata yang digunakan untuk menerjemahkan Χριστιανος(Khristianos) ke bahasa Arab adalah مسيحيون(Masihiyyun). Secara kelompok etnis keagamaan orang Kristen Arab juga memiliki sebutan, umat Kristen Orthodox Antiokhia yang beretnis Arab menyebut diri mereka sebagai Rum Orthodox, Rum sendiri artinya Byzantium yaitu Kekaisaran Kristen yang pernah ada dan berpusat di Turki, kata Rum juga digunakan pemerintahan Turki Utsmani untuk menyebut Milet(Semacam daerah istimewa) yang mayoritas memeluk Kristen Orthodox Timur. Orang Kristen Arab yang terkenal adalah Khalil Gibran, seorang penyair Lebanon yang beragama Kristen Katolik Maronit, Maronit sendiri adalah nama Gereja Katolik Lebanon yang berbudaya Suriah sekaligus menjadi sebutan untuk kelompok etnis keagamaan umat Kristen Lebanon.

BOLEH GAK SIH MENYEBUT ORANG KRISTEN SECARA UMUM DENGAN SEBUTAN NASRANI ?

Kalau di mimbar pribadi silahkan saja, tapi untuk memanggil secara langsung sudah tentu tidak sopan. Kita sekarang sudah mengetahui bahwa kata Nasrani bagi orang Kristen yang sesuai sejarah nyata bermakna ganda, yaitu antara kelompok etnis keagamaan atau aliran-aliran sesat yang mengaku diri Kristen, tentu bahaya bukan bila sembarangan menggunakan artian ini ?, Apalagi di Indonesia sendiri tidak/belum ada komunitas Kristen Orthodox India yang beretnis India, jadi lebih baik tidak usah menggunakan kata ini secara umum di publik karena dapat menyakiti hati orang-orang Kristen yang paham dengan sejarah kata Nasrani. Tapi kalau kalian mau sebut ini di dalam mimbar kalian sendiri atau hanya dalam kelompok kalian ya silahkan saja, yang masalah itu bila ada guru sekolah menggunakan mikrofon yang tersambung keseluruh speaker di kelas-kelas dalam sekolah umum dan berkata “anak-anak Nasrani diharap untuk segera menuju ruang ibadahnya”.
“Tapi kan di KBBI kata Nasrani itu sebagai kata ganti Kristen”, bener dan ini cukup menjengkelkan bagi orang-orang Kristen yang faham. KBBI itu adalah sebuah kamus bahasa yang dikeluarkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, dengan ini hal-hal terkait pendidikan dapat menggunakan artian Nasrani seperti misalnya untuk keperluan buku-buku pelajaran bahkan pelajaran yang non-Relijius.
Tulisan ini bukan sekedar dibuat untuk mempropagandakan orang non-Kristen di Indonesia untuk stop menyebut umat Kristen Indonesia sebagai Nasrani, tetapi untuk menunjukkan kepada para pembaca tentang arti kata Nasrani dalam sejarah dan bagaimana umat Kristen secara umum memandang kata Nasrani. Untuk selanjutnya diserahkan sesuai nalar dan kehendak bebas masing-masing pribadi yang membaca ini.

Source:
Nasrani
Kristen Arab
Rum Orthodox
Geotimes: Kristen bukan Nashara

Penulis: Ephitimia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.